Kamis, 03 April 2008

Sikuai Island Nan Eksotik

PADANG,DUNIA kepariwisataan Padang ibukota Provinsi Sumatera Barat cukup punya banyak pilihan, mulai pantai, pergunungan maupun tempat bersejarah, bahkan kota tua daerah ini juga punya.
Pulau Sikuai ajang wisata pulau yang akan menyapa pelancong dengan sapaan suara gemercik air ombak di hamparan pasir putih.
Pulau Sikuai tak sekedar menyajikan pemandanganan eksotik bagi peloncong, namun pulau ini juga mengkaloborasi pemandangan indah jejeran bukit barisan, du daratan pulau Sumatera bisa id saksikan dari pulau ini.
Pulau Sikuai terletak di Teluk Bungus, sekitar 27 Kilometer arah Selatan pusat Kota Padang, cuma butuh 20 menit dari Pelabuhan Samudra Bungus dengan speed boat.
Bahkan peloncong tak perlu cemas akan keterbatasan alat transportasi, sekarang dermaga Cafe AW Padang siap membawa turis ke pulau tersebut.
Bahkan pulau seluas 40 hektar tersebut, sekarang ini telah menjadi icon resort bahari andalan Kota Padang.
Untuk pergi ke
sana sangatlah mudah dan cepat. Anda bisa berangkat melalui kapal cepat yang disediakan Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Arau.
Dari sini melewati lautan lepas ke Pulau Sikuai hanya membutuhkan waktu 20 sampai 45 menit. "Eits, sebelum anda berangkat menuju Pulau Sikuai tentu bisa mengisi perut dulu di AW Resto. Lidah anda akan dimanjakan aneka sea food. Mulai dari udang, ikan hingga lobster. Sambil menikmati makan yang disajikan, anda bisa melihat aktivitas nelayan sepanjang Pelabuhan Muara
atau hijaunya Gunung Padang yang dilerengnya bermukim penduduk
kota,"ungkap Andi, pelayan di AW Resto.
Perjalanan membelah laut ke pulau nan eksotik itu, akan memberikan ketakjubam akan keindahan pemandangan laut. Jangan salah kalau perjalanan ke
sana, kapal cepat sering berpapasan dengan perahu nelayan tradisional yang sedang sibuk menangkap ikan atau menebar jaring pukek.
eksotiknya
Sikuai Island jelas akan mengundang tanya, bahwa begitu sempurnnya ciptaan Yang Kuasa. Pasalnya, ketika menjejakan kaki di pulau tersebut, pengunjung disambut dengan bukit yang menjulang di tengah pulau dan deretan bungalo-bungalo yang tersusun rapi seperti semut.
"Mereka akan mengucapkan welcome in
Sikuai Island, pada anda,"ujar praktisi pariwisata Padang Feri Malabar.
Pengelola resort juga sangat memanjakan pelancong, mulai sajian welcome drink, berupa air kelapa muda sangat segar menyejukan dahaga setelah melakukan perjalanan.
Pulau Sikuai meski dikelola secara profesional tapi keasrianya
dan kebersihan, serta hutan alam yang belum terusik terus dipertahankan sehingga ini jadi trade mark tersendiri dari Sikuai.
Hempasan ombak di batu karang, dan suara-suara khas hutan yang terdengar, semakin membuat keromontisan para peloncong yang sehari disibukan beraneka aktifitas.
Belum lagi pasir putih laksana mutiara di sepanjang pantainya dan laut biru dengan ombak yang tenang jauh dari polusi laut. Bahkan air laut nan jernih memungkinkan pelancong melihat ikan menari-nari di karang bak melihat di aquarium.
Di tengah pulau terlihat bukit kecil, di puncaknya ada sebidang tanah lapang, bernama
Sunset Plaza. Di sini, setiap sore pengunjung bisa menyaksikan matahari tenggelam.
Atmosfir Sikuai yang tenang, nyaman, dan jauh dari kebisingan
kota membuat anda malas kembali ke rumah. Jangan khawatir, pulau ini punya resort yang memiliki 52 bungalo sederhana, dengan pengelola profesional di bidang wisata bahari yakni New Sikuai Island Resort.
"Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau ini. Di sini, anda bisa mengobati rasa jenuh atas rutinitas sehari-hari. Di pagi hari, bisa jogging dengan track yang tersedia sambil menyaksikan binatang khas Sikuai, seperti biawak, monyet dan beraneka ragam jenis burung. Anda pun juga dapat menikmati keindahan sekeliling pulau,"ungkap Ridwan.
Siang hari katanya, anda bisa berenang ditemani ikan bewarna-warni sambil menyaksikan terumbu karang. Atau anda dapat melakukan aktivitas, seperti mengendarai jetski, bola volly, sepeda, atau berkeliling pulau, main bola kaki. "Pokoknya, fasilitas di pulau ini lengkap kami persembahkan untuk anda. Dan jangan lupa, jika ke sini jangan hanya menjamahi daerah pantainnya, cobalah untuk berjalan atau berpetualang ke bukit. Di
sana akan terlihat susunan pulau-pulau kecil yang bertebaran. Dengan pesona laut biru yang mampu menghadirkan ketenangan di hati,"ungkap Ridwan.
Lalu jelang malam, anda disuguhkan satu lagi keagungan Illahi yakni sunset (matahari terbenam). "Makin melengkapi keromantisan dan eksotiiknya Sikuai, malam hari pun anda dapat menikmati makan malam di Lumbo-lumbo Restauran yang diiringi live musik alam,"jelasnya.
Tak kalah pentingnya, ternyata di pulau ini juga telah dipasang alat pendeteksi gempa dan tsunami. Alat tersebut dipasang PSN dan LIPI, bekerjasama dengan California Institute of Technology.
"Insya Allah, anda akan aman di Pulau Sikuai. Selamat menjamahi pulau Sikuai...! Temukan hamparan pasir putih dengan pesona laut biru nan tak berujung. (
adrianpress)

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://pariwisata.infogue.com
http://pariwisata.infogue.com/sikuai_island_nan_eksotik